Minggu, 22 Mei 2016

Syarat dan Ketentuan Terbit Gratis di Penerbit Nerin Media



          Salam!
Hai, Nerin Holic! Kali ini Nerin Media ingin membuat gebrakan baru di penerbit kami. Jika sebelumnya cara menerbitkan naskah tanpa perlu diseleksi di Penerbit Nerin Media (namun berbayar), nah, kini kami selaku penerbit membuka opsi baru untuk yang ingin menerbitkan naskahnya bersama kami, yaitu gratis (untuk biaya penerbitan) namun harus diseleksi.
          Sistem yang kami terapkan kali ini hampir sama dengan penerbit mayor, namun ada perbedaan dalam jadwal pengiriman naskah ke redaksi kami, juga seberapa banyak naskah yang lolos seleksi tiap bulannya.
          Untuk lebih jelasnya, silakan baca dan pahami catatan ini! Tidak melayani pertanyaan yang jawabannya telah ada di catatan ini! Juga hanya melayani pertanyaan di kolom komentar di postingan ini, bukan di inbox FB!

*Syarat Naskah untuk Terbit Gratis:
1.     Naskah harus karya asli, belum pernah dipublikasikan di media apapun atau diterbitkan, dan sedang tidak dalam penyeleksian di penerbit lain.

2.     Nerin Media menerima naskah fiksi dan nonfiksi. Dengan segmen remaja dan dewasa (young adult). Genre  romance, inspiratif, komedi, horor, dll. Boleh novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, how to, buku pelajaran, dll.


3.     Ketik naskah Anda dalam format Microsoft Words dengan ketentuan:
1.     Jenis kertas A4
2.     Font Times New Roman size 12 PT
3.     Spasi 1,5
4.     Margin normal
5.     Justify (rata kiri-kanan)+Tab untuk setiap awal paragraf dan dialog.
6.     Jumlah halaman 60-100 halaman
7.     Kirim naskah beserta sinopsis utuh (Bukan sinopsis back cover, tetapi sinopsis dari awal hingga akhir cerita full), biodata lengkap penulis (seperti di KTP), profil penulis (seperti yang ada di dalam buku), foto penulis, kata pengantar (ucapan terima kasih),  dan daftar isi buku dalam bentuk lampiran ke email: nerin.media@yahoo.com CC: nerin.media@gmail.com *File-file harap dipisah namun kirim dalam sekali email saja*
Dengan subjek email dan naskah: TERBITGRATIS_Judul Naskah_Nama penulis. 
8.     Naskah yang akan diterbitkan di Nerin Media adalah naskah yang tidak mengandung unsur SARA dan pornografi serta bukan saduran dan hasil plagiat.

4.     Untuk biodata penulis (seperti di KTP), mohon menyertakan nama akun FB dan nomor HP untuk memudahkan proses komunikasi jika naskahnya layak untuk diterbitkan.

5.     Kriteria naskah untuk bisa lolos seleksi di Penerbit Nerin Media:

1.     Memenuhi syarat dan ketentuan dari penerbit.
2.     Isi cerita yang menarik.
3.     EYD yang tidak amburadul
4.     Gaya penceritaan yang menarik
5.     Tema menarik, up to date, unik, & dibutuhkan pembaca masa kini.


*Ketentuan Peserta untuk Terbit Gratis:
1.     Peserta tidak dibatasi umur dan gender, atau dari kalangan manapun, juga boleh karya solo atau duet/lebih.
2.     Peserta yang ingin mengikutsertakan naskahnya di seleksi terbit gratis tiap bulan ini, wajib mengikuti jadwal pengiriman naskahnya, yaitu dari tanggal 5-20 tiap bulan.
3.     Pengumuman naskah yang lolos seleksi sekitaran tanggal 25-30 tiap bulan.
4.     Buku terbit sekitaran tanggal 10-20 tiap di bulan berikutnya dari jadwal seleksi naskah Anda.
5.     Bagi penulis yang ingin mengikuti seleksi ini, wajib jika naskahnya telah lolos seleksi dan diterbitkan, minimal order bukunya sebanyak 7 exp. (Kami juga butuh feed back dari penulis, karena ini juga ‘bisnis’) èKarena pernah kejadian, setelah bukunya terbit dengan sistem terbit gratis, penulisnya tidak mau ambil peduli dengan naskah. Kami juga mengeluarkan tenaga dan pikiran agar sebuah naskah layak menjadi sebuah buku berkualitas.
6.     Diharapkan bagi penulis yang naskahnya diikutsertakan dalam seleksi ini, apalagi lolos seleksi, tidak diperkenankan untuk menarik naskahnya. So, mohon yang ikut seleksi ini, adalah orang yang serius ingin naskahnya kami terbitkan.
*Tentu akan ada pem-blacklist-an dari kami selaku penerbit jika benar-benar terpaksa menarik naskahnya*

7.     Akan ada surat perjanjian kontrak dan royalti di Penerbit Nerin Media, surat perjanjian tersebut dikirim melalui email, dan penulis wajib mengisinya, lalu mengirimkan kepada pihak penerbit—juga lewat email(Soft copy)
8.     Diharapkan bagi penulis yang naskahnya lolos seleksi, jika bukunya sudah terbit, melakukan promosi gencar. Kami sebagai penerbit hanya membantu dalam bagian penerbitan naskah, namun untuk promosi, penulis haruslah memiliki andil besar di sini.


*Pelayanan dari kami selaku penerbit untuk naskah Anda.
1.     Editing naskah tanpa mengubah isi (gratis)
2.     Layout naskah (gratis)
3.     Sinopsis back cover (gratis) *Penulis diperbolehkan membuat sinopsis back cover-nya sendiri.
4.     ISBN (gratis)
5.     Cetak berkala dengan sistem POD (print on demand). Cover glosy/doff, isi kertas bookpaper.
6.     2 eksemplar buku yang dikirim ke Perpusnas untuk syarat pengajuan ISBN. (gratis)
7.     Akan ditunjukkan kepada penulis hasil editing dan layout buku sebelum diterbitkan oleh Nerin Media.
8.     Jasa packeting+kirim orderan ke ekspedisi (gratis) dari setiap order bukunya.
9.     Untuk cover bukunya, dipersilakan bagi penulis untuk membuat covernya sendiri. Jika ingin cover dibuatkan dari kami, cukup membayar jasa pembuatan covernya sebesar 50 ribu. (Pembuatan cover dari kami belum bisa gratis seperti jasa editing+layout, sebab masih menggunakan jasa dari orang lain, bukan saya sendiri selaku pemilik Nerin Media)
10.             Royalti di Nerin Media adalah 13% dari setiap buku yang terjual. Akan lebih baik jika penulis memiliki rekening bank BCA. Laporan penjualan buku sebulan sekali hingga tidak ada yang meng-order lagi. Sedangkan laporan royalti dan pembayarannya juga sebulan sekali sampai bukunya tidak lagi di-order. Laporan royalti dan penjualan diusahakan setiap tanggal 10 tiap bulan—selama buku masih ada yang meng-order.
11.             Buku-buku terbitan Penerbit Nerin Media dijual dan dipromosikan melalui sosial media online Nerin Media.

FB                   : Nerin Richa (Penerbit Nerin Media)
FP          : Penerbit Nerin Media dan Berbagi Kisahku; Nerin Richa dan Penerbit Nerin Media
Grup FB : Penerbit Nerin Media
IG          : @penerbitnerinmedia
Twitter   : @nerinmedia_cv


*Penerbit Nerin Media adalah penerbit indie legal berakta notaris Rosita, S.H, M.Kn, yang berdiri tanggal 21 Desember 2014. Bagi rekan-rekan penulis yang ingin naskahnya diterbitkan gratis di kami dan lolos seleksi, mohon untuk mengikuti semua syarat dan ketentuan yang telah kami tetapkan.
*Sekali lagi, yang gratis di sini adalah biaya penerbitan, bukan biaya cetak. Mohon untuk dipahami dan dibaca dengan baik note ini!
*Tidak ada bukti terbit bagi penulis, jika ingin memiliki karyanya, silakan order minimal. 7 exp.
*Naskah yang di-acc hanya sekitar 1-3 naskah tiap bulan.
*Sebelum mengirimi naskahnya untuk diseleksi, mohon pahami betul note ini! Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Wassalam.
Nerin Richa ; Owner Penerbit Nerin Media






1 komentar: